Taman Sari Jogjakarta, paket wisata jogja

Taman Sari

Tahukah anda jika di yogyakarta ada sebuah situs yang dulunya dijakdikan sebagai taman dari Kraton Yogyakarta. Tempat ini memang tidak jauh dari Kraton Yogyakara, dan tempat ini dinamakan Taman Sari.Sebuah taman yang dulunya dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono 1 sekitar tahun 1758 – 1765. Dahulu tempat ini mempunyai nama “ The Fragrant Garden “. Kali ini kami akan mengajak anda untuk mengunjungi salah satu tujuan wisata yang ada dalam paket wisata jogja kami yaitu taman sari.

Taman Sari Jogjakarta, paket wisata jogja
Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari berada di lahan 10 hektare dan memiliki 57 bangunan permanen meliputi gedung, kolam pemandian, ada juga jembatan gantung , kanal air bahkan terdapat danau dan juga pulau pulau buatan serta lorong yang berada di bawah air. Tempat ini dulu digunakan sekitar tahun 1765 – 1812.

Sejarah Dibangunnya Taman Sari

Diyakini bahwa Taman Sari didirikan di tempat yang dahulunya kraton, Pesanggrahan Garjitawati yang dulunya sebagai tempat dimana kereta kuda yang akan mengangkut ke Imogiri. Untuk pembangunan Taman Sari sendiri di pegang oleh Tumenggung Mangundipuro dan dana yang digunakan untuk membangun Taman Sari berasal dari Bupati Madiun Tumenggung Prawirosentiko dan juga para rakyat. Selain sebagai Taman Kraton Taman Sari juga digunakan sebagai benteng istana jika musuh menyerang.

Taman Sari sendiri mempunyai 4 bagian yang terpisah pisah.Yang pertama danau buatan telatkan tepat di sebelah barat. Kemudian ada juga bangunan yang terletak di selatan danau yaitu Pemandian Umbul Binangun. Untuk bagian yang ketiga ada  Psarean Ledok Sari dan juga sebuah kolam yang bernama Kolam Garjitawati yang berada di sebelah selatan bagian kedua. Bagian ke empat ada bagian yang berada di timur bagian pertama dan juga bagian kedua sampai ke timur hingga tenggara daerah Magangan.

Di bagian pertama dari Taman Sari merupakan bagian inti atau utaman. Ditempat ini terdapat sebuah danau yang sering disebut “Segaran “ yang di bagian tengah ada sebuah bangunan. Di sekeliling danau terdapat taman , dan juga terdapat ikan ikan disampingnya. Tetapi kini jika anda ke Taman Sari anda bisa melihat danau yang dulu dipenuhi air kini sudah tidak dipenuhi air.

Sedangkan dibagian kedua dari Taman Sari terdapat danau buatan. Ditempat ini sekarang sering menjadi tempat dimana para wisatawan berfoto namun disana tak terlihat lagi adanya taman serta kebun – kebun .

Bagian-bagian Dalam Taman Sari

Untuk bagian yang ketiga sekarang tidak banyak yang tersisa. Konon dulu di bagian ketiga ini terdapat kompleks Pasarean Dalem Ledok Sari dan juga terdapat kolam Garjitawati dan juga pastinya taman dan kebun. Di yakini bahwa Pasarean Dalem Ledok Sari dulu di gunakan sebagai tempat peraduan Sultan bersama sang Permaisurinya. Namun menurut pendapat lain tempat ini digunakan sebagai tempat meditasi. Disana terdapat sebuah bangunan yang mirip huruf U , dan tepat di bagian tengah bangunan tersebut merupakan tempat tiduk Sultan dan dibagian bawah tempat tersebut terdapat aliran air yang selalu mengalir. Terdapat juga dapur, ada juga ruang penjahit, tempat penyimpanan barang serta terdapat dua kolam untuk pelayan serta terdapat tempat menanam rempah rempah, buah – buahan serta sayur – sayuran.

Jika anda berkunjung ke Yogyakarta bersama kami www.hiqmantour.com jangan lupa menambahkan Obyek Wisata Taman Sari sebagai salah satu destinasi kunjungan wisata anda di Yogyakarta. Disana anda bisa melihat sebuah taman dan kebun Istana Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *