Dagadu

Jika Bali punya icon oleh oleh Joger , di Jogja juga punyai icon oleh – oleh  khas yaitu “ Dagadu “ . Sebuah brand yang memproduksi aneka oleh – oleh khas Jogja yang sudah berjaya sejak dulu. Nama Dagadu sendiri ternyata diambil dari bahasa umpatan yang berarti : matamu . Menurut orang Jogja itu namanya bahasa walikan, yaitu bahasa yang susunanya dibalik. Bahasa walikan ini diambil dari pertukaran baris kata. Baris pertama diganti dengan baris yang ketiga. Sedangkan baris ketiga dibalik dengan baris yang keempat. DA –GA-DU diganti suku katanya tanpa merubah dari huruf vokal. DA –GA-DU memiliki arti MA-TA-MU.

Baca juga tentang: Paket Wisata Jogja

Filosofi Dagadu

Nama brand Gagadu sendiri diambil bukan hanya sekedar berarti mata namun juga memiliki beberapa filosofi tersendiri. Dalam bahasa jawa mata itu adalah mripat , diyakini mripat itu memiliki makna ma’rifat ( sesuatu yang memiliki arti memberi manfaat keoada sesama ). Dengan mata kita juga dapat meilihat segala sesuatu yang ada disekitar kita seperti alam yang indah serta perkotaan yang ada. Hal tersebut juga merupakan harapan DAGADU  sebagai brand oleh oleh yang peduli akan perkembangan pariwisata dan juga perkembangan pusat kota Jogja.

Dagadu JOgja

Dagadu didirikan sebagai brand oleh – oleh atau cinderamata khas Djokdja yang mempunyai tema “ Everything About Djokdja” . Yang mengambil kata – kata keseharian warga Djokdja.

Brand Dagadu didirikan oleh beberapa sekumpulan mahasiswa yang berjumlah 25 orang merekan merupakan alumni dari mahasiswa Universita Gadjah Mada Yogyakarta sekitar tahun 1994. Dagadu sendiri berdiri dibawah naungan PT Aseli Dagadu Djokdja yang berdiri  tgl 4 Januari 1994. Outlet pertama Dagadu di Lower Ground Malioboro Mall Yogyakarta.

Slogan Dagadu

Saat ini Dagadu mempunyai slogan yang berbunyi “ Kapan ke Jogja Lagi “ / ( KJKL). Slogan tersebut diambil sebagai usaha dari Dagadu untuk menarik minat para mahasiswa mahasiwa yang dulu pernah belajar dan tinggal di Yogyakarta agar mereka kembali lagi ke Jogja untuk saling bertemu atau reuni. Hal tersebut juga memiliki tujuan agar Kota Yogyakarta bisa menjadi tempat atau rumah yang aman , nyaman dan juga penuh kenangan.

Produk – produk dari Dagadu memilikii cerita tentang hal hal yang berhubungan dengan Kota Jogja. Menurut 25 orang pendiri Dagadu kota merupakan cerita,  dan Dagadu ingin menggambarkan cerita tersebut disebuah cinderamata dan yang menjadi produk utama ialah kaos oblong. Ciri – ciri desain dari Dagadu ialah selalu menggambarkan tentang budaya Yogyakarta. Menggambarkan tentang romantisnya kota Jogja. Memperlihatkan tentang segala sesuatu aktivitas sehari hari yang mengambarkan kesahajaan. Tulisan tulisan yang ada di cinderamata Dagadu juga memiliki humor. Kata kata humor biasanya tentang menertawakan siri sendiri.

Dimana Mendapatkan Produk Dagadu?

Untuk mendapatkan produk cinderamata Dagadu anda bisa mengunjungi ke bebrapa showroom yang ada di Kota Jogja. Ada 3 gerai Dagadu yaitu di Lower Ground Malioboro Mall yang bernama Posyandu ( Pas Layanan Dagadu ) . Gerai kedua  ada Posyandu 2 terletak di Jl. Pekapalan No 7 Alun – Alun Utara yang bersebelahand engan Jogja Gallery . Untuk gerai yang ketiga ada di Jl, Gedongkuning Selatan yang bernama Yogyatourium.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *