candi borobudur

Candi Borobudur

Indonesia memiliki begitu banyak candi budha, maupun candi hindu. Di daerah Jawa Tengah terdapat sebuah Candi budha yang sudah tak asing lagi namanya ditelinga para pecinta travelling yaitu  “ Candi Borobudur “ . Banyak orang mengira bahwa Candi Borobudur itu terletak di Yogyakarta, namun tahu kah anda bahwa sebenarnya Candi Borobudur itu terletak di Magelang Jawa Tengah. Jika anda berlibur di Jawa Tengah atau Yogyakarta jangan lupa sempatkan untuk melihat keindahan bangunan Candi Borobudur yang terbesar di dunia. Candi Borobudur di yakinin dibangun sekitar tahun 800 Masehi.

Candi Borobudur memiliki 6 teras yang membentuk seperti bujur sangkar dan yang paling atas ada 3 perataran yang berbentuk melingkar. Selain mempunyai 6 teras Candi borobudur juga mempunyai beberapa relief budha yang paling lengkap dan banyak melainkan candi – candi lain yang ada di dunia.Banyak Ilmuwan yang datang dan melihat struktur pembangunan Candi Borobudur dan mereka melihat ada beberapa kejanggalan dalam fungsi Candi Borobudur yang menjadi jam matahari . Terdapat jarum jam yang merupakan bayangan dari stupa besar yang  berada di stupa bagian bawah. Tetapi merekan juga tidak mengerti bagaimana pembagian waktu yang mengambarkan kapan waktu yang pas untuk menanam dan memanen.

Jika kita melihat dengan seksama struktur dan pembagunan Candi Borobudur ada beberapa hal yang sangat menarik yaitu setiap angka yang terdapat di Candi Borobudur bila dikalkulasikan / dijumlahkan angka pasti menghasilkan angka 1. Untuk tingkatan pertama dalam struktur Candi Borobudur ialah Kamadhatu ialah dunia yang dikuasai dengan nafsu . Tingkatan yang kedua Rupadhatu berarti dunia sudah dapat bebas dari nafsu. Untuk tingkatan yang paling tinggi ialah Arupadatu, tinggakatan ini menggambarkan Tidak adanya wujud yang sempurna.Candi Borobudur menjadi salah satu tempat suci yang digunakan oleh memuliakan umat Buddha dan juga sebagai ziarah dan menjadikan umat manusia berubah dari alam nafsu menuju ke pencerahan seperti ajaran Buddha.Pada Saat Trisuci Waisak banyak umat Buddha dari segala penjuru dunia datang ke Candi Borobudur untuk beribadah.

Candi Borobudur

Jika dihitung Candi Borobudur mempunyai 72 Stupa yang bentuknya seperti lonceng. Di Puncak Candi terdapat Stupa.Banyak ilmuwan menyakini bahwa Candi Borobudur ditinggalkan pada saat abad ke – 14, pada saat itu banyak kerajaan Hindu dan Buddha yang ada di daerah Jawa melemah dan waktu itu juga banyak sekali pengaruh Islam yang masuk ke pulau Jawa. Candi Borobudur sendiri di temukan oleh seseorang Gubernur yang bernama Sir Thomas Stamford Raffles. Kemudian sejak dari itu Candi Borobudur mulai diselamatkan dan di pugar pada tahun 1975 sampai dengan tahun 1982 oleh Pemerintah Republik Indonesia dan UNESCO, dan sejak saat itulah Candi Borobudur menjadi salah satu Situs Warisan Dunia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *