Berburu Sunset di Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis meruapakan Pantai yang terkenal sejak jaman dahulu baik lokal hingga mancanegara. Lokasi panati ini pun sangat strategis dari kota Yogyakarta karena jarak yang tidak begitu jauh dari pusat kota. Hal ini yang membuat keindahan Pantai Parangtritis selalu ramai di setiap akhir pekan maupun tengah penak dikunjungi wisatawan disbanding pantai-pantai lainya.

Dalam Sejarahnya, banyak mitos yang beredar di Masyarakat tentang  nama Pantai Parantritis. Ada yang menceritakan bahwa  pada jaman dahulu ada seorang yang bernama Raden Dipokusomo yang melarikan diri dari kerajaan Majapahit kemudian melaukan semedi di selatan Kerajaan. Sewaktu bersemedi dia  melihat tetesan air dari celah –celah bebatuan karang yang ada dsekelilingnya. Dalam bahasa jawa karang itu berarti paran sedangkan untuk  tetesan air itu berarti tumatiti, sehingga secara gabungan nama tersebut  menjadi Parangtritis.

Dari mitos yang ada Pantai Parangtritis adalah penguasa pantai selatan yang terkenal dengan nama Nyi Roro Kidul. Serta mitos yang beredar dimasyarakat yaitu tentang tidak dibolehnya memakai pakaian yang berwarna hijau jika di pantai. Menurut cerita, Sang Penguasa Laut Nyi Roro Kidul sangat suka  dengan warna hijau sehingga ditakutkan akan dibawa ke istananya jika ada orang yang memakai warna yang disukainya tersebut. Terlepas dari mitos tersebut kondisi pantai Parangtritis memang terdapat banyak palung yang curam yang berrada di area pantai, sehingga sangat berbahaya jika mandi karena berikso akan masuk ke palung tersebut.  Kemudian hal yang  menjadi menarik bagi Pantai Parangtritis ini adalah letaknya garis lurus dengan Kraton Yogyakarta serta Gunung Merapi. Menurut legenda  bahwa mengartikan itu adalah lambing Trimurti yaiutu lambang keseimbangan antara Gunung Merapi sebagai elemen api Kraton sebagai penyeimbang dan Pantai parangtritis sebagai elemen air.

Pantai dengan jarak tempuh sekitar 28 km dari pusat jogja ini menjadi daya tarik sendiri karena fasilitas yang mendukung bagi wisatawan lokal sudah dikelola dengan baik. Seperti berbagai hotel mulai  dari kelas melati hingga hotel yang berbintang lima sudah tersedia banyak disana. Lokasi parkir yang luas membuat kenyamanan wisatawan yang ingin menikmari pesona pantai Parangtritis. Untuk rumah makanpun juga sudah tersebdia dengan berbagai menu pilihan. Untuk sarana penunjang lainya  terdapat juga motor ATV untuk mencoba sensasi adventure di pinggir pantai, ada juga andong yang ditarik dengan kuda yang bisa dinaiki untuk berkelling sepanjang pantai Parantrtitis. Namun untuk Andong sendiri akan sangat nikmat sekali jika menaiki pada waktu pada sore hari, pada saat matahari mulai mengilang dari siang menuju malam. pemandangan sunset di Pantai Parantritis begitu eksotis untuk dinikmati pagi pecinta travelers apalagi jika musim kemarau.

Untuk tiket masuknya sendiri cukup  murah hanya dengan Rp. 5.000,- Rupiah anda sudah bisa menikmati suasana pantai sepuasnya. Namun Setelah mungkin ada puas dengan bermain di pantai jangan lupa membeli oleh – oleh untuk kerabat dan keluarga yang ada rumah. Dapat di belikan di berbagai toko oleh oleh disepanjang pantai dengan berbagai pilihan seperti kaos, kerajian kerang yang dihias sehingga tampak begitu cantik maupun makanan atau ikan dari hasil nelayan dilaut. Selamat menikmati.

                            

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *